Rabu, 16 Maret 2016

MEA Sudah Berjalan, Disperindag Akan Sertifikasi Produk Unggulan



JEMBER – Dinas Perindustrian, Perdagangan dan ESDM (Disperindag ESDM) Kabupaten Jember berencana menggiatkan sertifikasi dan standarisasi produk unggulan lokal Kabupaten Jember.
Hal ini dilakukan agar produk unggulan lokal Jember bisa diterima di pasaran umum yang lebih luas. Rencana ini juga merupakan langkah strategis di saat pemberlakuan era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) tahun 2016.
Kepala Disperindag dan ESDM Kabupaten Jember, Achmad Sudiono, mengatakan, banyak produk unggulan lokal Jember yang sangat layak dijual di pasar ekspor. “Bahkan beberapa diantaranya sudah mampu menembus pasar luar negeri. Ini yang perlu terus kita kembangkan untuk produk lainnya agar bisa mendapat capaian yang sama,” kata Achmad.
Saat ini, lanjut Achmad, pihaknya terus melakukan standarisasi untuk produk lokal Jember. Terutama terkait kualitas dan kemasan. “Sebab produk unggulan yang berkualitas harus diikuti dengan kemasan yang bagus. Itu syarat untuk bisa diterima di pasar,” ujar Achmad.
Sementara itu, Bupati Jember, Faida mengatakan, pihaknya berkomitmen untuk menjadi Kepala Pemasaran produk lokal Jember. “Kita sedang rancang untuk marketing produk bersama.  Terutama yang melibatkan lima kabupaten areal Tapal Kuda,” kata Faida.

Mengenai produk unggulan Jember yang bisa bersaing di persaingan MEA, Faida mengaku masih melakukan pendataan. “Saat ini kita mempelajari dan mendata produk kecil yang ada di Jember. Oleh sebab itu, kita akan membangun sinergi antar daerah untuk menerapkan gerakan Beli Produk Lokal bersama,” pungkasnya. (awi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar