Jumat, 18 Maret 2016

Bus Perintis, Andong Rejo – Tawang Alun Rp 12.000



JEMBER – Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Jember telah mendapatkan dua tambahan armada bus untuk trayek perintis wilayah selatan Jember. Dua armada ini selanjutnya diujicoba jalan untuk mengakomodir kebutuhan warga sekitar trayek yang kosong dan yang membutuhkan tambahan armada.
                  Kabid Angkutan Dishub Jember, Siswanto, menjelaskan, pihaknya telah mendapatkan bantuan dari pemerintah pusat berupa dua armada bus jalur perintis. Trayeknya yakni Desa Andongrejo, Kecamatan Tempurejo menuju ke Kecamatan Ambulu dan berakhir ke Terminal Tawang Alun Jember.
                  “Sebelumnya yang beroperasi ada satu unit saja dari Andongrejo ke ambulu PP. Tahun ini awal maret dapat tambahan pemerintah pusat berupa dua unit armada bus. Untuk saat ini masih menunggu surat surat bus yang lengkap,” kata Siswanto.
                  Dia menjelaskan, bus tersebut akan diujicoba dari Tawang Alun – Ambulu – Andongrejo PP. Berangkat mulai jam 06.00 WIB dari Tawang Alun dan berangkat lagi dari Andongrejo jam 12.00 WIB.
                  “Satu bus berangkat dari Tawang Alun. Satunya berangkat dari Desa Andongrejo. Jadi saling bertemu nanti di jalan. Begitu juga sebaliknya. Sedangkan untuk satu bus lainnya untuk pengembangan trayek yang kosong, seperti Ajung – Ambulu,” ungkapnya.
                  Siswanto menambahkan, pihaknya akan melakukan sosialisasi kepada masyarakat. Dia yakin bahwa tambahan dua armada tersebut akan disambut antusias masyarakat. Sementara ini, pihaknya mencatat ada sekitar 20 an penumpang per hari untuk satu armada bus perintis jalur tersebut.
                  “Penambahan armada ini juga merupakan permintaan dari warga sekitar. Karena disana kekurangan transportasi umun. Padahal mereka juga membutuhkan layanan transportasi umum yang murah,” kata Siswanto.

                  Untuk tarif perjalanan dari Desa Andongrejo ke Kecamatan Ambulu, setiap penumpang harus membayar tarif sebesar Rp 6.000. Sedangkan untuk Andongrejo menuju Tawang Alun, sebesar Rp 12.000 per penumpang. “Untuk pelajar harganya 50 persen dari tarif umum, yaitu Rp 3.000 sampai Rp 6.000 untuk trayek tersebut,” katanya. (awi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar