Rabu, 16 Maret 2016

99 Pasutri Catatkan Pernikahannya Secara Massal



JEMBER - Sebanyak 99 pasangan suami istri menjalani sidang istbat pencatatan pernikahan massal di Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Wuluhan, Rabu (16/3). Mereka yang menjalani sidang tersebut berasal dari kalangan masyarakat miskin dan belum memiliki surat nikah.
Panitia sidang istbat nikah massal, Martoyo, mengatakan, masih banyak masyarakat yang belum menyadari pentingnya surat nikah. “Memang pernikahan mereka secara agama sudah terbilang sah, namun karena belum tercatat, akhirnya tidak diakui oleh negara,” kata Martoyo.
Padahal lanjut Martoyo, jika pasangan suami istri tidak memiliki surat nikah, maka akan menimbulkan sejumlah persoalan di kemudian hari. Misalnya pada pengurusan akta kelahiran anak hingga persoalan warisan.
“Kedepan IAIN (Institut Agama Islam Negeri) Jember bersama Kantor Kementerian Agama, serta Pengadilan Agama Jember akan terus melakukan kegiatan tersebut khususnya bagi warga dari kalangan tida mampu,” kata Direktur Lembaga Konsultasi dan Bantuan Hukum Islam (LKBHI) IAIN Jember tersebut.
Sebelumnya, upaya pencatatan pernikahan massal juga pernah dilakukan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Jember. Acara tersebut digelar untuk pasangan suami istri non muslim, Selasa (19/1).
Pencatatan pernikahan massal itu diikuti oleh 17 pasangan suami istri, terdiri dari 14 pasangan beragama kristen katholik, 1 pasangan beragama kristen protestan dan 2 pasangan beragama Hindu.
Kegiatan tersebut juga merupakan kerjasama antara Dispendukcapil Jember dengan Kemenag Jember. Kegiatan ini dilakukan karena banyaknya permintaan dari pemuka agama atas banyaknya umat beragama yang pernikahannya belum tercatat secara hukum negara.

Kepala Dispendukcapil Kabupaten Jember, Arief Tjahjono, berharap, agar pasangan yang telah memiliki dokumen pernikahan untuk disimpan dengan baik. “Karena dokumen itu akan sangat dibutuhkan dalam kepenguruaan dokumen kependudukan di masa yang akan datang. Entah itu untuk diri sendiri ataupun juga anak cucunya,” jelasnya. (awi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar