Kamis, 17 Maret 2016

Capaian PIN Polio 2016 Sebesar 96,27 Persen



JEMBER – Capaian realisasi pelaksanaan program Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio di Kabupaten Jember mencapai 96,27 persen dari total 182.752 anak Bawah Lima Tahun (Balita) di Jember. Dinas Kesehatan Kabupaten Jember menggelar PIN Polio pada 8 maret - 15 Maret 2016.
Kepala Bidang Pengendalian Penyakit dan Kesehatan Lingkungan (P2KL) Dinas Kesehatan (Dinkes) Jember, Dyah Kusworini, mengatakan, dari jumlah tersebut, sebanyak 172.266 balita sudah mendapatkan vaksin polio dalam kegiatan PIN Polio yang digelar secara serentak selama sepekan terakhir itu.
Dia menjelaskan, capaian balita yang sudah divaksin polio, murni dari balita yang berada di wilayah cakupan 50 Pusat Kesehatan Masyarakat (puskesmas) yang tersebar di 31 kecamatan di Kabupaten Jember.
“Sedangkan untuk PIN Polio yang digelar di rumah sakit dan luar wilayah puskesmas masih dilakukan rekapitulasi secara keseluruhan. Namun hingga kini datanya masih belum 100 persen masuk ke Dinkes,” katanya.
Dinkes Jember, lanjut Dyah, melakukan berbagai strategi untuk menambah jumlah pos PIN Polio tambahan. Selain posyandu yang menjadi pos PIN utama. Karena bisa menjangkau masyarakat yang berada di luar rumah. “Pos PIN tambahan disediakan di tempat fasilitas umum seperti pasar tradisional, pusat perbelanjaan, stasiun, dan terminal, serta tempat - tempat keramaian lainnya,” katanya.     
Dinkes Jember menyiapkan sebanyak 2.830 pos PIN utama yang tersebar di seluruh posyandu dan 78 pos tambahan yang tersebar di puskesmas, rumah sakit, stasiun, terminal, pasar, dan pusat perbelanjaan.

Diberitakan sebelumnya, Pos PIN utama dibuka secara serentak pada 8 Maret 2016 di seluruh posyandu di Kabupaten Jember mulai pukul 08.00-12.00 WIB. Sedangkan pos tambahan dibuka selama beberapa hari yakni 8 Maret - 15 Maret 2016. (awi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar