Jumat, 10 Juni 2016

TPID Jember Prediksi THR Tingkatkan Inflasi



JEMBER TERKINI - Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Jember memprediksi bahwa pemberian Tunjangan Hari Raya (THR) menjelang Hari Raya Idul Fitri 1437 H akan meningkatkan angka inflasi Jember pada bulan Juni 2016 ini.

Tingkat inflasi Jember pada bulan Juni 2016 diprediksi berada di kisaran 0,45 persen sampai 0,55 persen. Dikutip melalui rilis inflasi Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Jember, Rabu (8/6) lalu, tekanan inflasi diprediksi akan kembali meningkat seiring dengan momen menjelang bulan Ramadhan dan hari raya Idul Fitri.

Namun angka tersebut masih dalam batas wajar karena ketersediaan stok komoditas yang terjaga. Dalam rilis TPID Jember disebutkan, pembagian THR akan mendorong peningkatan konsumsi masyarakat dan meningkatnya ekspektasi produsen untuk menaikkan harga.

Di sisi lain, panen cabai yang masih berlangsung dan stok komoditas strategis seperti beras, daging sapi, daging ayam ras dan telur ayam ras yang terjaga dapat menjadi penahan inflasi di bulan Juni 2016.

Oleh sebab itu, TPID Jember melalui Disperindag Jember, Bulog Jember dan Dinas Koperasi Jember melakukan berbagai upaya pengendalian inflasi melalui Operasi Pasar, Pasar Murah dan Bazaar UMKM dan Koperasi.

Bulog dan Disperindag Jember melaksanakan operasi pasar mulai 27 Mei hingga 1 Juli 2016 di dua titik, yaitu Pasar Kalisat dan Pasar Tegal Besar. Komoditas yang dijual yaitu beras dengan harga Rp 8.700 per kilogram (kg) gula Rp 11.750 per kg, minyak goreng Rp 11.300 Liter dan tepung terigu Rp 7.200 per kg.

Selain itu, pada tanggal 17 Juni sampai 30 Juni 2016 mendatang, Disperindag Jember akan menggelar program rutin yaitu pasar murah bekerjasama dengan retail modern, untuk menjual kebutuhan pokok di bawah harga pasar.

Sementara itu, Dinas Koperasi Jember melakukan bazar Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) binaannya setiap hari Sabtu dan Minggu  selama bulan Ramadhan di kantor Dinas Koperasi untuk mendukung pengendalian harga. (Awi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar